Welcome to My Blog, semoga bermanfaat..

Rabu, 09 Oktober 2013

Psikotes Yang Ada di Internet

Psikotes Yang Ada di Internet 

Akhir akhir ini sering kita temukan bermacam-macam tes psikologi di internet . Psikotes tersebut  dipakai sebagian orang untuk mencari tahu seberapa tingkat kecerdasannya, seberapa baik kepribadiannya, seberapa berprestasi dirinya, apa saja bakatnya, dan masih banyak lagi yang lainya . Judul judul posting seperti itu sangat menarik perhatian pengguna internet untuk mencobanya

Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai psikotes yang ada di internet. Sebelum  masuk kepembahasan kita coba cari tau apasih pengertian internet dan psikotes itu?

 Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet. Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, grapich, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang biasa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dimana saja. Dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran. Sedangkan Psikotes adalah suatu tes dari sekumpulan pertanyaan yang harus dijawab atau tugas yang harus dikerjakan yang akan memberikan informasi mengenai aspek psikologi tertentu berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan- pertanyaan atau cara dan hasil subjek melakukan tugasnya.

Sudah jelas dengan pengertian tersebut .  Dengan adanya  internet segala sesuatu dapat dicari dan dipelajari dengan mudah termasuk mempelajari  mengenai psikotes itu sendiri, seperti cara mengerjakan soal psikotes  contoh soal yang telah di sertai dengan jawabannya yang dapat mempermudah kita  untuk mempelajarinya .

Teori
Tes secara umum di definisikan sebagai teknik untuk mengesahkan atau menolak hipotesis dalam pengukuran mental/ tugas yang menghasilkan skor; atau prosedur sistematik untuk membandingkan dua orang atau lebih. Tes juga dapat diartikan sebagai serangkaian pertanyaan untuk mendapat laporan mengenai kemampuan, kepribadian dan catatan kolektif tentang penampilan, kecakapan seseorang dalam kehidupan nyata.
Menurut Lee J Cronbach dalam Essentials of Psychological Testing, tujuan tes psikologi adalah mengetahui perbedaan di antara setiap kepribadian. Perbedaan kepribadian individu merupakan problem utama dalam mengatur tindakan orang lain. Dalam buku yang sama, Lee J Cronbach juga membagi Tes Psikologi menjadi 2 kelompok besar, yaitu :
Tes Kemampuan (Intelegensi)

Untuk mengetahui prestasi maksimal yang diperlukan dalam meneliti kemampuan dan kecakapan.

Tes Kebiasaan (Kepribadian)
Untuk mengetahui kejujuran, keterbukaan, emosi dalam kehidupan nyata.

Namun penggolongan Tes Psikologi secara lebih rinci adalah sebagai berikut :
                        [1].  Intelligence Test ( Tes Kecerdasan )
                        [2].  Aptitude Test ( Tes Bakat )
                        [3].  Interest Test ( Tes Minat )
                        [4].  Achievment Test ( Tes Prestasi )
                        [5].  Personality Tes ( Tes Kepribadian )

Analisa
Dari teori diatas sudah jelas betapa pentingnya tes psikologi dalam kehidupan karena tujuan tes psikologi itu sendiri adalah mengetahui perbedaan di antara setiap kepribadian. Perbedaan kepribadian individu merupakan problem utama dalam mengatur tindakan orang lain.
Lalu bagaimana cara penilaian dari tes tersebut , apakah semua orang dapat meniali dirinya sendiri, bagaimana dengan munculnya berbagai macam tes psikologi yang muncul di internet apakah hal tersebut membawa dampak baik atau malah sebaliknya, sedangkan banyak juga bukubuku psikotes yang diterbitkan tapi keknapa kebanyakan orang lebih tertarik untuk mengikuti tes tes yang ada dinternet?
Sebagian besar dari kita lebih tertarik untuk membaca,mengerjakan atau mempraktekan tes tes yang ada di internet, mengapa? Mungkin karna lebih menarik tes psikotesnya karna kita bisa langsung mengetahui hasilnya saat itu juga tanpa harus menunggu lama. Dan rata-rata pengguna internet adalah anak muda ,masa masa rasa ingin tahu yg begitu besar untuk mengetahui kepribadian, jati diri, karakteristik diri mereka yang mungkin bisa mereka keteahui setelah mereka mengikuti tes tersebut. Kalau bicara tentang dampak  positifnya,contohnya : seperti waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti tes di internet jauh lebih cepat dan hasilnya juga bisa diperoleh langsung saat itu juga, tapi ada juga dampak negatifnya seperti hasil dari psikotes itu jelas tidak efektif karna tidak dikeluarkan oleh orang yang ahli dibidangnya contohnya seorang psikolog.

Sedikit tambahan,semoga bermanfaat :
Seringkali kita mengikuti suatu psikotes dalam rangka tes kerja. Pohon apa yang kita gambar tentu mencerminkan bagaimana kepribadian kita. Berikut contoh tentang apa arti pohon yang anda buat yang saya dapat dari tes psikologi yang disediakan diinternet :


~pohon terletak dimana pada bidang kertas?

* Di tengah
Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.
* Di bagian bawah
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.
* Tinggi di atas
Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

Refrensi:
Soenanto,H dan Nuraniawati, S . memahami psikotes .Bandung : CV Pustaka grafika. 2012
http://www.kaskus.co.id/thread/520a0b981ad719011a000005/mengapa-kita-menggambar-pohon-saat-psiko-test/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar